CANDI DI DAERAH KABUPATEN KLATEN

Saya adalah orang asli klaten, sebuah kota yang panas di siang hari dan dingin di malam hari, di kabupaten klaten penuh dengan situs-situs peninggalan sejarah kuno yang patut untuk di bahas dan dikunjungi pada musim liburan kali ini , mulai dari makam, situs artefak kuno dan candi.
   Secara geografis Kabupaten Klaten terletak di antara 110°30'-110°45' Bujur Timur dan 7°30'-7°45' Lintang Selatan. Luas wilayah kabupaten Klaten mencapai 665,56 km2. Di sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Sukoharjo. Di sebelah selatan berbatasan dengan kabupaten Gunungkidul (Daerah Istimewa Yogyakarta). Di sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Sleman (Daerah Istimewa Yogyakarta) dan di sebelah utara berbatasan dengan kabupaten Boyolali.

   Menurut topografi kabupaten Klaten terletak di antara gunung Merapi dan pegunungan Seribu dengan ketinggian antara 75-160 meter diatas permukaan laut yang terbagi menjadi wilayah lereng Gunung Merapi di bagian utara areal miring, wilayah datar dan wilayah berbukit di bagian selatan. dengan keadaan alam yang seperti itu, kabupaten klaten memiliki banyak wisata alam yang tidak kalah menarik dengan yang ada di pegunungan, mayoritas tempat wisata di kabupaten klaten adalah situs peninggalan sejarah seperti candi dan makam- makam para wali. untuk informasi lebih lanjut mari kita simak artikel mengenai tempat wisata alam indonesia - candi di kabupaten klaten berikut ini.

1. Candi Sewu,
Terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan Kecamatan Prambanan. Jarak dari kota Klaten ± 15 km kearah barat. Candi ini terdiri dari sebuah candi induk yang diapit oleh candi Perwara yang berjumlah 240 buah dan candi Apit 8 buah. Karena jumlah candi tersebut cukup banyak maka disebut candi Sewu. Candi ini didirikan pada abad IX oleh salah seorang penganut agama Budha Maha Yana Luas Candi 14.059.488 m2 Fungsi sebagai obyek wisata peninggalan benda bersejarah Pengunjung rata rata ± 2.000 orang tiap bulan.

 

2. Candi Lumbung,
Terletak di Dukuh Tlogo, Desa Tlogo Kecamatan Prambanan. Jarak dari kota Klaten ± 15 km kearah barat. Candi Lumbung terdiri dari sebuah candi induk yang dikelilingi oleh 16 candi Perwara. Candi induk ini menghadap ke timur, berkamar kosong dan atapnya berbentuk Stupa. Luas areal candi 545,35 m2 Fungsi sebagai obyek wisata peninggalan bersejarah Pengunjung rata rata ± 2.000 orang tiap bulan


 3.Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, berketinggian 47 meter, dibangun pada abad 9. Letaknya berada 17 km arah timur Yogyakarta di tepi jalan raya menuju Solo. Candi yang utama yaitu Candi Siwa (tengah), Candi Brahma (selatan), Candi Wisnu (utara). Didepannya terletak Candi Wahana (kendaraan) sebagai kendaraan Trimurti; Candi Angkasa adalah kendaraan Brahma (Dewa Penjaga), Candi Nandi (Kerbau) adalah kendaraan Siwa (Dewa Perusak) dan Candi Garuda adalah kendaraan Wisnu (Dewa Pencipta).


 
Pada dinding pagar langkan candi Siwa dan candi Brahma dipahatkan relief cerita Ramayana , sedangkan pada pagar langkah candi Wisnu dipahatkan relief Krisnayana yang sangat indah. masuk candi Siwa dari arah timur belok ke kiri akan anda temukan relief cerita Ramayana tersebut searah jarum jam, relief cerita selanjutnya bersambung di candi Brahma.


4. Candi Bubrah
Candi Bubrah merupakan sebuah candi bercorak  agama budha dan masih termasuk di dalam lingkungan Taman Wisata Prambanan. Diantara semua saudaranya di Taman Wisata Prambanan, Candi Bubrah bisa dibilang sebagai sebuah candi yang kesepian karena merupakan satu – satunya candi di kawasan ini yang tidak memiliki candi perwara.

Untuk menuju ke Candi Bubrah, caranya sama dengan pergi ke Candi Prambanan,
   >  Setelah dari candi prambanan kita dapat berjalan kaki ke utara sejauh 500 meter. Atau berjarak kurang lebih 200 meter dari komplek Candi Lumbung. Jangan takut tersesat karena ada banyak papan penunjuk jalannya, bahkan saat kita berjalan menuju komplek candi lumbung Candi Bubrah dan candi sewu sudah terlihat dengan sangat jelas.

demikian artikel mengenai tempat wisata alam indonesia - candi di daerah klaten, semoga bermanfaat. untuk artikel terkait mengenai makanan khas  kabupaten klaten bisa dilihat di citarasa kuliner klaten .

3 komentar:

  1. ...ada yang terlewatkan yakni candi Merak di karangnongko....http://karangnongko.klaten.info/2013/09/tak-kenal-maka-tak-sayang-candi-merak.html

    BalasHapus