TAHU GEJROT CIREBON



Khusus bagi anda yang orang asli cirebon tentu saja sudah tidak asing dengan jajanan khas cirebon yang sangat banyak diminati baik oleh orang cirebon sendiri maupun dari daerah luar cirebon, ya tahu gejrot adalah jajanan khas Cirebon yang masih digemari oleh masyarakat di berbagai daerah. Bahan utamanya tahu kempros (kosong tanpa isi) yang hanya diproduksi di daerah Ciledug Kabupaten Cirebon ini, dari rasa dan bentuknya memang berbeda dengan jenis tahu yang dibuat di daerah lain.


makanan yang terdiri dr tahu yang dipotong-potong kecil dan di bumbui garam, bawang merah, bawang putih, gula merah dan cabe, kemudian di ulek seperti halnya membuat sambal dalam coet namun ini beda setelah di ulek diberi air yang sudah dibumbui oleh kecap dan gula aren yang sebelumnya di godok dan kemudian di dinginkan, bumbu cair inilah yang membasahi potongan Tahu dan menjadikan ciri khas Tahu gejrot yang rasanya selalu menempel di lidah. 


Warna tahunya cokelat muda dan disajikan di atas cobek mini yang terbuat dari tanah liat, irisan tahu ditaburi irisan bawang, cabe rawit, dan disiram dengan kuah yang terbuat dari campuran air dan gula merah yang dimasak. Rasanya yang manis dan pedas, membuat tahu gejrot tetap diminati oleh banyak kalangan.yang paling terkenal adalah Tahu Gejrot Pa Deden CirebonAddress: Braga City Walk, Jl. Braga No. 99 - 101, Asia Afrika. di warung tahu gejrot ini selain rasanya yang khas juga letaknya yang strategis membuatnya banyak dikunjungi oleh para peminta tahu gejrot, yang lain ada juga .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar