TAMAN LAUT BUNAKEN




Taman Laut Nasional Bunaken secara resmi didirikan pada tahun 1991 dan merupakan salah satu yang pertama dari taman laut Indonesia yang semakin berkembang sistemnya . Taman ini luas permukaan totalnya mencakup 89.065 hektar, 97% dari yang ditutupi oleh air laut yang jernih, tropis hangat. Sisanya sebesar 3% dari taman adalah terestrial, termasuk lima pulau Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Nain dan Siladen. Meskipun masing-masing pulau memiliki karakter khusus, adalah ekosistem perairannya lah yang paling menarik para turis dan para peneliti alam.



Perairan Taman Laut Nasional Bunaken sangat dalam (1566 m di Teluk Manado), clear (sampai 35-40 visibilitas m), refreshing temperature (27-29 C) dan pelabuhan dengan beberapa tingkat keanekaragaman hayati tertinggi di dunia . Pilih satu kelompok menarik dari karang, ikan, atau binatang berkulit lunak spons - dan jumlah keluarga, marga atau spesies yang nantinya akan menjadi menakjubkan tinggi. Misalnya, 7 dari 8 jenis kerang raksasa yang ada di dunia, muncul dan terbentuk di Bunaken. Taman ini memiliki sekitar 70 genera karang; bandingkan dengan hanya 10 di Hawaii. kendati jumlah yang tepat dari spesies ikan tidak diketahui, akan tetapi mungkin sedikit lebih tinggi daripada di Filipina, di mana 2.500 spesies, atau hampir 70% dari semua spesies ikan dikenal Indo-Pasifik Barat,



BIAYA MASUK TAMAN NASIONAL BUNAKEN :


Semua pengunjung Taman Nasional Bunaken (penyelam dan bukan penyelam) diwajibkan membayar biaya masuk, sesuai dengan Pemerintah Nomor Utara Provinsi Hukum Propinsi Sulawesi 9/2002. Biaya masuk bagi pengunjung asing adalah Rp 50.000 per tiket harian (sekitar US $ 6), atau Rp 150.000 (sekitar US $ 17) untuk waterproof plastic entrance tag yang berlaku untuk tahun kalender penuh.

Biaya Masuk dan tiket dapat dibeli langsung dari semua anggota NSWA, atau dari counter tiket di Pulau Bunaken dan Pulau Siladen. Itu harus dibawa setiap saat tamu masuk dalam batas-batas taman, dan tiket dengan mudah dapat ditempelkan para tamu penyelam atau pada peralatan snorkeling atau ransel. Pemberlakuan sistem biaya masuk dilakukan melalui inspeksi mendadak oleh jagawana di darat dan di laut.

Sistem biaya masuk telah diadaptasi dari sistem terkenal Bonaire Marine Park, dan hasil dari penjualan tiket pintu masuk dikelola oleh Taman Nasional Bunaken Manajemen Advisory Board (DPTNB), dewan kepemilikan ganda yang dimana NSWA menjadi anggotanya . Sistem ini ternyata sangat berhasil dalam meningkatkan lebih dari $ 250.000 untuk program konservasi di Taman Laut Bunaken sejak didirikan pada tahun 2001.


Coral Reef - Bunaken National Marine Park


Akomodasi dan Transfer
Ketika tiba di pulau Anda mempunyai beberapa pilihan dari beberapa homestay yang tersedia, dengan harga mulai sekitar Rp. 80 000 per hari. akan tetapi jika anda lebih memilih untuk mencari biaya yang termurah, janganlah mengeluh di kemudian hari apabila pelayanan pengisian air kamar mandi di homestay anda tidak secara teratur di isi, atau makanan yang disajikan tidak senikmat apa yang menjadi bayangan anda sebelumnya . Hidup di Sulawesi Utara pada umumnya tidak semurah apabila dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia, sebagian besar barang kebutuhan pokok di Bunaken masih harus didatangkan dari Manado. bergantung pada musimnya,  bahkan ikan bisa menjadi sangat mahal. Lebih baik berpikir dua kali sebelum Anda mencoba untuk menawar harga yang memang sudah murah, karena perbedaan harga itu bagi penduduk setempat bisa berarti perbedaan antara bisa makan 3 kali sehari atau hanya makan 2 kali sehari, atau membeli buku sekolah untuk anak-anak atau tidak.
Beberapa operasi penyelaman di pulau Bunaken menawarkan akomodasi lainnya yang kelas atas, bahkan mandi air panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar