YANG MURAH DI SOLO

1. PARADISO GUEST HOUSE


Kemlayan Kidul I/03 Solo

Paradiso Guest House, Solo


Harga kamar / malam:
Rp 55.000 (queen bed)
Rp 85.000 (queen bed, bathtub) 



 



 

 

 

Gang kecil di seberang Batik Keris Jl. Dr.Rajiman ini sudah tidak asing di kalangan traveler dan backpacker, terutama yang berasal dari luar negeri. Deretan homestay dan guest house bertebaran, menawarkan akomodasi dan interaksi dengan penduduk lokal. Salah satunya adalah Paradiso Guest House. Rumah besar antik bergaya Belanda ini ditata dengan sangat artistik. Lampu-lampu gantung antik tergantung di lorong teras depan kamar. Taman mini dengan bangku besi cantik putih serta tangga memutar di ujung lorong mempercantik guest house ini. Cermin-cermin besar tergantung di dinding, memperkuat atmosfer kolonial yang memang begitu kental. Guest House ini memiliki 9 kamar tidur lengkap dengan kamar mandi dalam yang disewakan dengan harga sangat murah. Dikelilingi oleh pagar tembok tinggi, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan selama menginap di Paradiso Guest House.

2. HOTEL TRIHADI


Jl. Monginsidi 97 Solo

Hotel Trihadi, Solo

Harga kamar / malam:
Rp 55.000 (fan)
Rp 60.000 (fan)
Rp 70.000 (fan)
Rp 95.000 (AC)
Rp 145.000 (AC, TV)


 3. HOTEL ATINA



  Jl. Setiabudi 43 Solo (belakang Terminal Tirtonadi)

Hotel Atina, Solo


Harga kamar / malam:
Rp 60.000 (fan)
Rp 70.000 (fan, TV)
Rp 125.000 (AC, TV, sarapan)
Rp 150.000 (AC, TV, sarapan)
Rp 250.000 (AC, TV, sarapan, air panas)

Sekilas hotel ini terlihat mungil dengan dominasi warna kuning dan pastel yang menghadirkan kesan ceria dan cozy. Melangkah masuk melalui lobi dan meja resepsionis, Hotel Atina ternyata memiliki bangunan luas memanjang ke belakang dengan taman serta halaman yang luas dan rindang. Halaman ini juga sering difungsikan sebagai tempat parkir bis rombongan wisata. Selain kamar standar, moderate, dan suite, Hotel Atina juga menyewakan homestay dengan 2 atau 3 kamar yang dilengkapi dengan fasilitas air panas. Semua kamar di Hotel Atina memiliki kamar mandi dalam.

 


4. HOTEL MAWAR INDAH


Jl. Cinderejo Kidul No.1 Gilingan Banjarsari Solo 57134


Hotel Mawar Indah, Solo

Harga kamar / malam:
Rp 65.000 (fan)
Rp 75.000 (fan, TV)
Rp 100.000 (AC, TV)
Rp 100.000 (AC, TV)
Rp 120.000 (AC, TV, air panas)
Rp 150.000 (AC, TV, air panas, ruang duduk)

Hotel Mawar Indah berada di daerah Gilingan, sekitar 5 menit dari Terminal Bus Tirtonadi Solo. Hotel ini memiliki halaman dan tempat parkir luas, lengkap dengan beberapa pohon rindang yang membuat suasana terasa sejuk. Dengan banyaknya jumlah kamar, hotel 2 lantai ini sering menjadi pilihan akomodasi bagi rombongan, antara lain skuad tim sepakbola Persikota Tangerang. Meski disewakan dengan harga murah, kamar-kamar di Hotel Mawar Indah ini nyaman dan luas. Ingin makan namun malas keluar? Coffee Shop dan Restoran juga tersedia untuk menenangkan perut yang lapar atau sekedar sebagai tempat minum kopi sambil bercengkerama bersama rekan/kolega.

 


5. HOTEL SARANGAN


Jl Brigjen Slamet Riyadi 309 Laweyan Solo

Hotel Sarangan, Solo

Harga kamar / malam:
Rp 70.000 (kasur busa, fan)
Rp 90.000 (springbed, fan, TV)
Rp 110.000 (springbed, AC, TV)
Rp 140.000 (springbed, AC, TV, shower / bathtub)

Rumah kuno di ruas jalan utama Solo ini disulap menjadi sebuah akomodasi yang nyaman dan murah. Kamar-kamar luas dengan pintu dan jendela kayu tinggi khas tempo dulu ini dilengkapi kamar mandi dalam dan menjanjikan ketenangan istirahat yang jauh dari ramainya lalu lalang jalan raya di depannya. Hotel Sarangan juga dilengkapi dengan sebuah kafe / warung makan prasmanan.


6. HOTEL WIJAYA


Jl. RM Said 268 Serengan Solo

Hotel Wijaya, Solo

Harga kamar / malam:
Rp 70.000 (kasur busa, fan)
Rp 90.000 (fan, TV)
Rp 110.000 (springbed, AC, TV)
Rp 140.000 (springbed, AC, TV, bathtub)

Hotel Wijaya adalah salah satu alternatif hotel murah yang berlokasi di dekat Taman Balekambang. Dengan halaman luas dan taman hijau, hotel ini terlihat sejuk dan asri. Masing-masing kamar memiliki sebuah taman mini dan tembok yang memisahkannya dari halaman depan, memberikan privacy kepada masing-masing penghuni.



7.  HOTEL PUSPITA BARU


Jl. Dr Rajiman 404 Solo


Hotel Puspita Baru, SoloJl. Dr Rajiman 404 Solo
Harga kamar / malam:
Rp 75.000 (twin bed, fan, TV)
Rp 80.000 (springbed, fan, TV)

Hotel dengan bangunan khas rumah tempo doeloe ini terletak di pinggir jalan raya, tepatnya di ruas Jalan Dr Rajiman, tidak jauh dari Kampoeng Batik Laweyan. Jajaran kamar dengan beranda kecil di depannya terlihat bersahaja, namun sejuk dan resik. Hotel ini juga dilengkapi dengan fasilitas musholla dan sebuah toko kecil yang menjual minuman dan makanan ringan. Jangan khawatir bila Anda membawa motor/mobil, karena tempat parkir di halaman dalam Hotel Puspita Baru ini dijamin aman.

 

8. HOTEL TIARA PUSPITA


Jl Dr Radjiman 404 C Penumping 


Hotel Tiara Puspita, Solo

Harga kamar / malam:
Rp 75.000 (fan, TV, snack)
Rp 90.000 (fan, TV, snack, shower)
Rp 125.000 (AC, TV, sarapan, shower)
Rp 140.000 (AC, TV, sarapan, shower, kloset duduk)
Rp 165.000 (AC, TV, sarapan, shower, kloset duduk)

Hotel baru dengan bangunan modern minimalis megah ini berada di bawah naungan grup yang sama dengan Hotel Puspita Baru, hanya saja ditangani oleh manajemen yang berbeda. Selain lokasi strategis di pinggir jalan raya 5 menit dari Kampoeng Batik Laweyan, 10 menit dari Solo Grand Mall, dan 15 menit dari Kraton Surakarta, hotel ini juga bersih dan menawarkan fasilitas lengkap AC, TV, dan kamar mandi dalam (shower + kloset duduk) dengan harga yang sangat terjangkau.


9. HOTEL MEKAR SARI


Jl Brigjen Slamet Riyadi 530 Laweyan Solo

Hotel Mekar Sari, Solo

Harga kamar / malam:

Rp 75.000 (non-AC)
Rp 135.000 (AC)

Jalan utama Brigjen Slamet Riyadi yang membelah Solo/Surakarta dari barat ke timur dan menjadi salah satu pusat segala aktivitas masyarakat memiliki banyak pilihan hotel murah meriah. Hotel Mekar Sari yang berlokasi tidak jauh dari Solo Square Mall dan Stasiun Kereta Api Purwosari misalnya. Bangunan 2 lantai berbentuk letter U ini terlihat sederhana dengan halaman dan tempat parkir luas. Sebuah pohon mangga besar tumbuh di tengah halaman, menciptakan suasana adem dan rindang. Hotel ini memiliki 7 kamar tidur ber-AC dan 23 kamar tidur ekonomi non-AC, mampu menampung hingga 350 orang. Hotel Mekar Sari juga menyediakan paket tur wisata dan menyewakan bus wisata.


10. HOTEL KOTA


Jl. Slamet Riyadi 125 Solo

Hotel Kota, Solo

Harga kamar / malam:
Rp 88.000 (fan, TV)
Rp 132.000 (AC, TV)

Hotel Melati dengan lokasi strategis di pinggir jalan arteri Slamet Riyadi ini memiliki gedung berlantai 2. Mudahnya akses transportasi umum sangat membantu bagi wisatawan yang kebetulan tidak membawa kendaraan sendiri, meski untuk beberapa tujuan seperti Kampung Batik Laweyan atau Solo Grand Mall, Anda harus menempuh rute memutar. Selain kamar dengan fasilitas standar, Anda juga akan mendapatkan snack berupa roti dan telur.


 11. HOTEL MANGKUYUDAN


Jl. KH Samanhudi 84 Laweyan Solo

Hotel Mangkuyudan, Solo
Harga kamar / malam:
Rp 95.000 (fan)
Rp 145.000 (AC, TV)
Rp 165.000 (AC, TV, air panas)


Berada di tengah kawasan wisata Kampung Batik Laweyan, Hotel Mangkuyudan hadir dengan perpaduan desain bangunan modern dan sentuhan tradisional Solo pada interior dan penataannya. Hotel 2 lantai yang tepat berada di seberang sebuah sekolah tinggi ekonomi ini terlihat bersih dan tertata rapi. Memiliki 2 Kamar Ekonomi, 11 Kamar Standard, dan 4 Kamar Eksekutif, Hotel Mangkuyudan tak hanya menjadi favorit wisatawan, namun juga menjadi salah satu pilihan utama tempat menginap para saudagar batik yang sedang memiliki urusan bisnis dengan pengusaha-pengusaha batik Laweyan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar