PESONA KEPULAUAN KARIMUNJAWA DI JEPARA

 Kabupaten Jepara terdiri dari 16 Kecamatan, salah satunya adalah Kecamatan Karimunjawa yang berjarak 45 mil laut dari Kota Jepara.


      Kabupaten Jepara mempunyai kawasan andalan dalam sektor pariwisata berupa wisata alam yaitu Taman Nasional yang biasa disebut sebagai Kepulauan Karimunjawa. pesona Karimunjawa merupakan gugusan kepulauan berjumlah 27 pulau yang terletak di Laut Jawa, secara administrative Kepulauan Karimunjawa termasuk wilayah Kabupaten Jepara, kawasan tersebut mempunyai dayatarik tersendiri dan tergolong masih alami.

Pulau Karimunjawa

Karimunjawa terdiri dari 3 Desa, antara lain Desa Karimun, Desa Kemojan dan Desa Parang. Obyek wisata Bahari Taman Nasional Laut Karimunjawa ini merupakan salah satu kawasan wisata yang unggul di tingkat regional dan tingkat International, Karimunjawa memiliki keindahan alam bawah laut yang alami dan sangat menakjubkan, dengan aneka jenis terumbu karang yang paling lengkap di dunia, laut dan ikan karang beraneka warna, hamparan pasir putih yang ada di setiap pulau dari 27 pulau menjadikan Karimunjawa layaknya surga bagi pengunjung wisatawan baik mancanegara maupun domestik .
Kebijakan yang di ambil dalam mengembangan pariwisata di Taman Nasional Kepulauan Karimunjawa diarahkan pada wisata lingkungan dan wisata alam. Adapun wisata alam adalah kegiatan perjalanan atau sebagaian dari kegiatan wisata yang bersifat sementara.

 

Kabupaten Jepara mempunyai kawasan andalan dalam sector pariwisata berbasis pariwisata alam yaitu Taman Nasional Karimunjawa, karena kawasan tersebut mempunyai daya tarik tersendiri dan tergolong masih alami. Kepulauan Karimunjawa merupakan taman laut terindah di Indonesia, masih perawan dan belum banyak dijamah tangan-tangan jahil. Banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa untuk mendapatkan suasana alami yang berbeda dengan tempat wisata mana pun di Indonesia. Kepulauan Karimunjawa merupakan kawasan konservasi laut yang memiliki kandungan potensi keanekaragaman flora dan fauna dan ekosistem laut yang khas. Karena kandungan potensi.
Kesimpulan yang dapat diperoleh dari potensi dan pengembangan paket wisata di karimunjawa adalah bahwa perlu ada penyusunan alternatif paket wisata ke Karimunjawa dengan harga yang bervariasi sesuai dengan kemampuan calon pembeli. Dalam meningkatkan promosi wisatanya perlu menggunakan media yang lebih representatif dan juga dapat ditempuh dengan meningkatkan kerjasama dengan Biro Perjalanan Wisata di luar daerah, sehingga paket wisata yang di tawarkan dapat dikenal oleh wisatawan dari berbagai daerah dan negara.


Saya pribadi meskipun bukan sebagai pribumi kota Jepara bangga mempromosikan pulau Karimunjawa sebagai asset pariwisata, Saya berharap bapak bupati yang sekarang bisa mengembangkan pulau karimunjawa ke kancah internasional (Bali ke dua, hehehe), saya juga berharap kepada warga jepara, khususnya warga Karimunjawa mampu menjaga keasrian, keindahan dan kedamaian pulau Karimunjawa. Semoga juga sarana transportasi yang kurang memadai kini dapat dikembangkan, tidak hanya transportasi jalur laut, akan tetapi melalui transportasi udara yang berstandar internasional atau bandara internasional yang ada di pulau karimunjawa.



Demikian artikel mengenai Pesona kepulauan Karimunjawa di Jepara semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar