CITARASA KULINER KLATEN

 1. Bebek Goreng Pak Tohir


 Bebek Goreng Pak Tohir

     Untuk anda penyuka bebek goreng, bebek goreng buatan pak Tohir bisa dicoba. Lokasinya di Besole, Ceper, Klaten. HP. 08122586612. Sebelah selatan alias bersebelahan 2 gang dengan rumah makan Bu Salamah.
    Warung makan pak Tohir sangat sederhana. Hanya terdiri dari 3 bangku saja. Meskipun sangat sederhana, jangan salah. Rasa bebek gorengnya benar2 topmarkotop. Kalo menyukai bebek goreng yang keset alias kering disinilah tempatnya. Sambel bawangnya -- puedes tenan. Selain bebek, pak Tohir juga menyediakan ayam goreng kampung.
Sebetulnya ada beberapa pelanggan mau jadi investor alias ngajak Ybs join untuk buka warung makan atau lesehan di Yogyakarta, tapi pak Tohir dan isterinya belum bersedia dengan alasan anak-anak masih kecil dan sekolah. Masih repot. Apalagi bu Tohir saat ini baru menantikan kelahiran anak ke 2 atau ke 3 ya bu? Moga-moga ke depan Ybs bersedia buka lesehan di Yogyakarta, biar kalau kangen sama bebek goreng buatannya gak usah jauh2 lagi ke Klaten. Maksudnya .. biar di Yogyakarta juga lengkap bebek gorengnya. Bravo pak Tohir

2. Keripik Paru Latar Putih


Keripik Paru Latar Putih

       Salah satu ciri khas oleh2 dari kota Klaten yaitu keripik paru. Keripik Paru Latar Putih bisa direkomendasikan sebagai buah tangan. Lokasinya arah belakang Plasa Matahari Klaten ke arah timur, tepatnya di Jl Rajawali GG Latar Putih ( +/- 100m ) . Ada beberapa pengrajin yang memproduksi makanan untuk oleh2. Salah satu tempat yang cukup ramai dikunjungi : toko bu Daryanto. Selain keripik paru, ada keripik belut, keripik kacang, keripik kedelai, keripik cakar, tempe keripik, keripik ikan teri, emping kecil2, dll. Bahkan saat ini toko Ybs juga telah membuat sendiri keripik nangka. Kemasan sudah cukup hiegenis dan cantik. Dari sisi rasa keripik buatan bu Daryanto cukup enak. Untuk harga juga bersaing. Harga saat ini al. keripik paru @ Rp. 110 rb/kg; keripik cakar @ Rp. 120 rb,-/kg, nangka @ Rp.120 rb/kg. Kalo mau pesan telp. saja ke 0272- 323468. Jika anda ingin membawa oleh2 khas Klaten, berbagai jenis keripik ini pantas dicoba.
 

 3. Rumah Makan Trancam Bu Mayar Cawas

 

 Mau mencoba trancam? Salah satu rumah makan yang bolehlah untuk dikunjungi yaitu Rumah Makan Bu Mayar Cawas. Usaha sudah dikelola lebih dari 25 th yll. Outletnya ada 4 buah, di Cawas sendiri, di Ngaran Mlese, di Pedan serta di By Pass. Pusat atau awal dibukanya ada di Cawas. Yaitu kota kecamatan bersebelahan atau tetanggaan dengan kecamatan Trucuk. Kalo dari kota Klaten jaraknya +/- 20-an km. Cukup jauh? Kalo mau yang dekat di by Pass atau Ngaran Mlese. Namun demikian apabila pas jalan-jalan ke kecamatan Cawas silakan mampir karena rumah makan Bu Mayar Cawas bisa direkomendasikan.
Menu andalannya : nasi terancam ayam goreng. Menu lainnya : nasi ayam bakar, pecel lele, opor, nasi rames/gudeg dll. Untuk tambahan ada : bothok teri, ada juga oseng2 daun pepaya/ gandul.
Kelebihannya : terancam yang terdiri dari kelapa parut yang diramu dengan rempah2 serta irisan ketimun, daun2 an kenikir. Jadi cukup sehat untuk disantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar